INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Program Semester Kurikulum 2013 Kb Umur 3-4 Tahun

Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapibani.com

Program Semester KB Umur 4-5 Tahun merupakan suatu perangkat pembelajaran semester yang diperuntukkan bagi anak paud khusus umur 3-4 tahun, diturunkan dari kegiatan tahunan serta dipakai untuk menyusun planning pembelajaran mingguan; 
Rencana kegiatan semester PROSEM  ini berisi daftar tema satu semester dan alokasi waktu setiap tema. 

Program Semester Kurikulum 2013 KB Umur 3-4 Tahun



Langkah-Langkah dalam penyusunan Program Semester yaitu sebagai berikut:
  1. Membuat daftar tema satu semester. Penentuan tema dilakukan guru dilakukan pada awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema itu sendiri.
  2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik yang lebih mendetail. Topik yang mendetail kedalaman subtema dan sub-subtema tersebut memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber berguru pendukung. Pengembangan tema sanggup dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
  3. Dalam nenentukan alokasi waktu padasetiap tema, subtema dan atau sub-subtema. Alokasi waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema diadaptasi dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.
  4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), fisik motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem), bahasa, dan seni.
  5. KD sanggup ditulis lengkap atau sanggup dituliskan kodenya saja.
  6. Untuk KD sanggup diulang disetiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda-beda.
  7. Dibagian Tema, subtema dan subtema yang sudah ditentukan diawal sanggup berubah jika ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus mengubah KD yang sudah ditetapkan oleh guru atau sekolah

Dalam memilih sebuah KD disetiap tema meliputi enam kegiatan pengembangan (nilai agama dan moral, motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni). Dalam menyusun perencanaan kegiatan semester, forum diberikan keleluasaan dalam memilih format. Untuk memilih bahan pembelajaran yang akan dipakai pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Satuan PAUD harus menyusun cakupan bahan pembelajaran setiap KD yang akan disampaikan kepada anak selama setahun melalui kegiatan bermain. Cara menyusun dan menyebarkan bahan pembelajaran sanggup dilihat di Pedoman Penyusunan Kurikulum 2013.

Program Semester Kurikulum 2013 KB Umur 3-4 Tahun

Download Program Semester KB Umur 3-4 Tahun untuk tahun anutan 2019/2020 terdiri atas semester 1 dan 2. Program Semester KB Umur 3-4 Tahun sanggup di download melalui link tautan berikut ini.
Download gratis Program Semester KB Umur 3-4 Tahun UNDUH DISINI

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel